oleh

Palu Kembali Diguncang Gempa 5,4 SR Sabtu Pagi Pukul 9.30 Wib

-Berita-119 views

KABARTOPIK.COM,PALU– Gempa kembali mengguncang Kota Palu dan sekitarnya sekitar pukul 09:30 WIB, Sabtu 29 September 2018.

Kali ini gempa tersebut berkekuatan 5,4 Skala Magnitude. Episentrum gempa ada di 21 km sebelah tenggara Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dengan kedalaman 10 km. Meski termasuk gempa dangkal, BMKG memastikan gempa tak berpotensi tsunami.

Diketahui sebelumnya, gempa dahsyat baru saja mengguncang Donggala dan Palu. Guncangan gempa 7,4 Skala Richter yang diikuti gempa-gempa susulan berkekuatan sekitar 5 SR itu mengakibatkan tsunami. Menurut data yang tercatat di seismograf BMKG, rentetan gempa susulan itu berkekuatan antara 4,5 sampai 7,1 SR.

Puncak rentetan gempa itu sendiri terjadi Jumat (28/9/2018) pukul 17.03 wita dengan getaran 7,7 SR. Bahkan, rentetan gempa susulan itu masih terjadi hingga pukul 04:40 Wita di Kota Palu. Total, ada 28 gempa susulan berkekuatan menengah. Akibat gempa tersebut, pemukiman warga di Pantoloan dipastikan rata dengan tanah.

“(Gempa) Ini saat saat ramai di pelabuhan Pantoloan, di situ rumah kecil semua, gelap gulita,” kata Firman, warga Pantoloan yang berkomunikasi demgan bos pabrik kayu pukul 21.00 wita, M Arif.

Akses jalan dari Donggala juga dikabarkan putus. Artinya kendaraan dari arah Mamuju, Sulawesi Barat dan dari Utara, Gorontalo juga putus. (TT)

Komentar

Jangan dilewatkan