oleh

Wagub Sulsel Paparkan Potensi Kopi di Sulsel

KABARTOPIK.COM, MAKASSAR– Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman hadir dalam acara pembukaan International Coffee Day (Hari Kopi Internasional) di Hotel Claro, Makassar, Senin (15/10). Ia menyampaikan pada pemaparan, terkait kebijakan terkait sektor komoditi kopi dan potensinya di Sulawesi Selatan.

Indonesia sendiri adalah negara penghasil kopi terbesar keempat dunia, setelah Brazil, Vietnam dan Colombia dengan produksi 651 ribu ton biji kopi atau 8,9 persen dari produksi dunia.

Sulsel adalah sentra pengembangan jenis kopi arabika dan robusta di Sulsel dengan kopi Toraja dan Kalosi, luas perkebunan kopi nasional di Sulsel 12,5 persen. Produksi kopi robusta 9.804 ton dan kopi arabika 21.994 ton.

Andi Sudirman berharap, produk unggulan, termasuk kopi untuk dipromosikan dengan baik, seperti dipajang di kedutaan-kedutaan, serta harus ada gerakan membantu masyarakat petani terutama dalam kesejateraan mereka.

“Bagaimana menstimulasi petani, agar tidak langsung melepas ke pasar saat panen,” kata Andi Sudirman.

Hal lain juga disampaikan oleh Andi Sudirman adalah bagaimana promosi dan mengemas produk yang ada dengan baik, selain itu yang harus diperhatikan adalah nilai kesehatan dari kopi.

“Bukan hanya kuantitas produk, tetapi kualitas produk juga harus diperhatikan,” sebutnya.

Editor: Ahmad

Komentar