oleh

Pengen Buat Kartu Kuning di Disnaker Makassar? Ini Syaratnya

KABARTOPIK.COM, MAKASSAR— Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 resmi ditutup pada Senin 15 Oktober 2018 tepat pukul 23.59 Wita lalu. Sehubungan dengan hal itu, para Job Seeker atau pencari kerja mempersiapkan segala macam dokumen sebagai syarat dalam mendaftar CPNS. Salah satunya Kartu Kuning.

Diketahui, kartu kuning merupakan salah satu syarat bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan. Kartu ini berfungsi sebagai identitas sang pencari kerja yang belum memiliki pekerjaan untuk melamar di suatu instansi pemerintah maupun swasta.

Staf Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Makassar, Ade mengatakan selama musim pendaftaran CPNS 2018 dari bulan September hingga tiga hari sebelum penutupan pendaftaran CPNS via situs bkn.go.id, Disnaker Makassar selalu menerima permintaan pembuatan Kartu Kuning oleh job seeker.

“Kalau hari biasa sih paling 3 hingga 4 orang yah yang ke Disnaker Makassar buat bikin kartu kuning. Tapi, pas musim pendaftaran CPNS malah ngantri hingga ratusan orang ke sini yang mengajukan pembuatan kartu kuning,” kata Ade, Rabu 17 Oktober 2018.

Ade mengatakan, pihaknya akan siap melayani para job seeker yang mengajukan pembuatan Kartu Kuning asalkan membawa sejumlah dokumen yang menjadi syarat mutlak. Ia menyinggung, selama ini masih banyak job seeker yang ingin mendapatkan Kartu Kuning dari Disnaker Makassar namun tidak memiliki KTP asli Makassar atau surat domisili asal Makassar.

“Kemarin ada yang dari KTP Luwu mau bikin Kartu Kuning kita tolak. Karena tidak memenuhi syarat. Dia juga tidak punya surat keterangan domisili,” beber Ade.

Oleh karena itu, Ade mengimbau kepada Job Seeker di Kota Makassar untuk segera mengurus E-KTP di Dinas Kependudukan Catatan Sipil Makassar atau ke RT RW Lurah untuk mendapatkan surat keterangan domisili.

Adapun berikut ini syarat mendapatkan kartu kuning Disnaker Makassar:

1. Fotocopy ijazah SD sampai terakhir
2. Fotocopy KTP Makassar yang masih berlaku
3. Pas Foto terbaru ukuran 3X4 cm
4. Copy sertifikat kompetensi kerja
5. Berpakaian rapi dan tidak diwakili

Reporter: Ahmad Rusli

Komentar

Jangan dilewatkan