oleh

KPU Kota Makassar Baru Terima Rekapitulasi Surat Suara dari 6 Kecamatan

MAKASSAR, KOMPAS.com – KPU Kota Makassar menyebut ada 6 dari 15 kecamatan yang telah selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum 2019 di kota Makassar, Sulawesi Selatan, dua hari sebelum batas akhir rekapitulasi di tingkat kecamatan yang jatuh pada 4 Mei 2019 mendatang.  Komisioner KPU Gunawan Mashar mengatakan, 6 kecamatan yang telah mengantarkan kotak suaranya ke kantor KPU yakni, Kecamatan Sangkarrang, Ujung Pandang, Wajo, Ujung Tanah, Bontoala, dan Mariso.

Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar saat diwawancara di kantor KPU Makassar di Jalan Antang Raya, Makassar, Kamis (18/4/2019). (Himawan)

Gunawan menyebut, lamanya waktu rekapitulasi dikarenakan banyaknya pengisian dokumen, jumlah lembaran dan formulir yang diisi lebih banyak dibandingkan pemilu sebelumnya. Hal ini merupakan konsekuensi dari pemilu serentak dengan multi partai. “Sebenarnya bukan lambat, tapi dengan banyaknya pengisian dokumen membuat waktu rekap memang menjadi lama,” kata Gunawan, Kamis (2/5/2019).

Belum lagi kata Gunawan, rekapitulasi tingkat kecamatan juga berjalan alot karena penyelenggara, pengawas, dan saksi sering mengalami perbedaan pandangan. Namun ia menyebut perisitiwa semacam itu terjadi di awal rekapitulasi dan saat ini sudah berjalan lancar.

Gunawan pun berharap, rekapitulasi di Makassar berjalan sesuai jadwal. Namun jika tak bisa selesai hingga batas waktu yang ditentukan, pihaknya akan menunggu kebijakan dari KPU RI agar bisa diberi tenggat tambahan. “Karena kondisi perekapan yang lama bukan hanya terjadi di Makassar, tapi juga di kabupaten/kota lain. Khususnya pada daerah yang jumlah TPS-nya banyak,” tambahnya.

 

(Kmp).

Komentar

Jangan dilewatkan